Contoh Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 1 Subtema 3

Contoh Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 1 Subtema 3

Pendahuluan

Ulangan harian merupakan salah satu bentuk evaluasi yang penting dalam proses pembelajaran di sekolah dasar (SD). Melalui ulangan harian, guru dapat mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Selain itu, ulangan harian juga dapat menjadi sarana bagi siswa untuk menguji kemampuan diri dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Artikel ini akan menyajikan contoh soal ulangan harian untuk kelas 3 tema 1 subtema 3. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari dalam subtema tersebut. Artikel ini juga akan dilengkapi dengan pembahasan jawaban, sehingga siswa dapat belajar dari kesalahan dan meningkatkan pemahaman mereka.

Tujuan Pembelajaran Subtema 3 Tema 1 Kelas 3



<p><strong>Contoh Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 1 Subtema 3</strong></p>
<p>” title=”</p>
<p><strong>Contoh Soal Ulangan Harian Kelas 3 Tema 1 Subtema 3</strong></p>
<p>“></p>
<p>Sebelum membahas contoh soal, penting untuk memahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam subtema 3 tema 1 kelas 3. Tujuan pembelajaran ini akan menjadi acuan dalam penyusunan soal ulangan harian.</p>
<p>Secara umum, tujuan pembelajaran subtema 3 tema 1 kelas 3 adalah:</p>
<ol>
<li><strong>Memahami keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar.</strong> Siswa diharapkan mampu mengidentifikasi dan menghargai perbedaan karakteristik yang ada pada setiap individu, seperti perbedaan fisik, sifat, kegemaran, dan lain-lain.</li>
<li><strong>Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keberagaman.</strong> Siswa diharapkan mampu memahami pentingnya menjaga kerukunan dalam lingkungan yang beragam, serta menyadari dampak positif yang ditimbulkan dari hidup rukun.</li>
<li><strong>Menunjukkan perilaku yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman.</strong> Siswa diharapkan mampu menerapkan perilaku yang mendukung persatuan dan kesatuan dalam lingkungan yang beragam, seperti saling menghormati, membantu, dan bekerja sama.</li>
<li><strong>Mengidentifikasi ide pokok dari teks lisan dan tulisan.</strong> Siswa diharapkan mampu menemukan ide pokok atau gagasan utama dari sebuah teks yang dibaca atau didengarkan.</li>
<li><strong>Menjelaskan cara melakukan operasi hitung perkalian dan pembagian.</strong> Siswa diharapkan mampu memahami konsep perkalian dan pembagian, serta mampu menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan operasi hitung tersebut.</li>
<li><strong>Mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa dalam karya dekoratif.</strong> Siswa diharapkan mampu mengenali dan menjelaskan unsur-unsur seni rupa yang terdapat dalam karya dekoratif, seperti garis, warna, bentuk, dan tekstur.</li>
<li><strong>Membuat karya dekoratif dengan menggunakan berbagai teknik.</strong> Siswa diharapkan mampu menciptakan karya dekoratif sederhana dengan menggunakan berbagai teknik, seperti menggambar, mewarnai, menempel, dan lain-lain.</li>
</ol>
<p><strong>Contoh Soal Ulangan Harian</strong></p>
<p>Berikut adalah contoh soal ulangan harian untuk kelas 3 tema 1 subtema 3:</p>
<p><strong>A. Pilihan Ganda</strong></p>
<ol>
<li>
<p>Perbedaan yang ada pada setiap individu disebut…<br />
a. Kesamaan<br />
b. Keberagaman<br />
c. Keseragaman<br />
d. Kemiripan</p>
</li>
<li>
<p>Berikut ini yang merupakan contoh keberagaman fisik adalah…<br />
a. Sifat pemalu dan pemberani<br />
b. Kegemaran bermain sepak bola dan basket<br />
c. Warna kulit putih dan hitam<br />
d. Agama Islam dan Kristen</p>
</li>
<li>
<p>Manfaat hidup rukun dalam keberagaman adalah…<br />
a. Menimbulkan perselisihan<br />
b. Menciptakan suasana yang damai dan harmonis<br />
c. Memperkuat perbedaan<br />
d. Membuat hidup menjadi sulit</p>
</li>
<li>
<p>Contoh perilaku yang mencerminkan persatuan dalam keberagaman adalah…<br />
a. Mengejek teman yang berbeda agama<br />
b. Membantu teman yang kesulitan<br />
c. Memilih teman berdasarkan suku<br />
d. Mengutamakan kepentingan pribadi</p>
</li>
<li>
<p>Ide pokok adalah…<br />
a. Kalimat yang paling panjang dalam paragraf<br />
b. Gagasan utama yang mendasari sebuah teks<br />
c. Kesimpulan dari sebuah cerita<br />
d. Judul dari sebuah buku</p>
</li>
<li>
<p>Hasil dari 12 x 3 adalah…<br />
a. 24<br />
b. 36<br />
c. 48<br />
d. 60</p>
</li>
<li>
<p>Hasil dari 45 : 5 adalah…<br />
a. 7<br />
b. 8<br />
c. 9<br />
d. 10</p>
</li>
<li>
<p>Unsur seni rupa yang berupa goresan adalah…<br />
a. Warna<br />
b. Bentuk<br />
c. Garis<br />
d. Tekstur</p>
</li>
<li>
<p>Contoh karya dekoratif adalah…<br />
a. Lukisan pemandangan<br />
b. Gambar ilustrasi<br />
c. Motif batik<br />
d. Patung</p>
</li>
<li>
<p>Teknik yang digunakan untuk membuat kolase adalah…<br />
a. Menggambar<br />
b. Mewarnai<br />
c. Menempel<br />
d. Memahat</p>
</li>
</ol>
<p><strong>B. Isian Singkat</strong></p>
<ol>
<li>Sikap saling menghormati perbedaan disebut juga dengan…</li>
<li>Akibat jika tidak ada kerukunan dalam keberagaman adalah…</li>
<li>Contoh kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama dalam keberagaman adalah…</li>
<li>Kalimat utama dalam sebuah paragraf biasanya mengandung…</li>
<li>Operasi hitung yang merupakan kebalikan dari perkalian adalah…</li>
<li>25 x 4 = …</li>
<li>36 : 6 = …</li>
<li>Permukaan suatu benda yang dapat dirasakan dengan sentuhan disebut…</li>
<li>Motif dekoratif yang sering ditemukan pada kain tradisional adalah…</li>
<li>Bahan yang dapat digunakan untuk membuat mozaik adalah…</li>
</ol>
<p><strong>C. Uraian</strong></p>
<ol>
<li>Mengapa kita harus menghargai keberagaman yang ada di sekitar kita? Jelaskan!</li>
<li>Berikan 3 contoh perilaku yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kerukunan di kelasmu!</li>
<li>
<p>Bacalah teks berikut:</p>
<p>"Setiap hari Minggu, Nina dan teman-temannya bermain bersama di taman. Mereka berasal dari berbagai suku dan agama. Meskipun berbeda, mereka tetap bermain dengan rukun dan saling membantu. Mereka senang bisa bermain bersama dan belajar banyak hal dari perbedaan yang ada."</p>
<p>Sebutkan ide pokok dari teks tersebut!</p>
</li>
<li>Ibu membeli 5 kotak kue. Setiap kotak berisi 8 kue. Berapa jumlah kue yang dibeli Ibu?</li>
<li>Buatlah sebuah gambar dekoratif sederhana dengan tema "Keberagaman di Sekolahku"!</li>
</ol>
<p><strong>Kunci Jawaban dan Pembahasan</strong></p>
<p><strong>A. Pilihan Ganda</strong></p>
<ol>
<li>b. Keberagaman (Keberagaman adalah perbedaan yang ada pada setiap individu.)</li>
<li>c. Warna kulit putih dan hitam (Warna kulit merupakan contoh perbedaan fisik.)</li>
<li>b. Menciptakan suasana yang damai dan harmonis (Hidup rukun menciptakan suasana yang positif.)</li>
<li>b. Membantu teman yang kesulitan (Membantu teman adalah contoh perilaku yang mencerminkan persatuan.)</li>
<li>b. Gagasan utama yang mendasari sebuah teks (Ide pokok adalah inti dari sebuah teks.)</li>
<li>b. 36 (12 x 3 = 36)</li>
<li>c. 9 (45 : 5 = 9)</li>
<li>c. Garis (Garis adalah unsur seni rupa yang berupa goresan.)</li>
<li>c. Motif batik (Motif batik adalah contoh karya dekoratif.)</li>
<li>c. Menempel (Kolase dibuat dengan cara menempel berbagai bahan.)</li>
</ol>
<p><strong>B. Isian Singkat</strong></p>
<ol>
<li>Toleransi (Toleransi adalah sikap menghargai perbedaan.)</li>
<li>Terjadi perselisihan dan perpecahan (Tidak adanya kerukunan dapat menimbulkan konflik.)</li>
<li>Bermain bersama, belajar bersama, bekerja bakti (Kegiatan bersama mempererat persatuan.)</li>
<li>Ide pokok (Kalimat utama biasanya mengandung ide pokok.)</li>
<li>Pembagian (Pembagian adalah kebalikan dari perkalian.)</li>
<li>100 (25 x 4 = 100)</li>
<li>6 (36 : 6 = 6)</li>
<li>Tekstur (Tekstur adalah kualitas permukaan suatu benda.)</li>
<li>Motif geometris, motif tumbuhan, motif hewan (Motif-motif ini sering ditemukan pada kain tradisional.)</li>
<li>Potongan kertas, biji-bijian, pecahan keramik (Bahan-bahan ini dapat ditempelkan untuk membuat mozaik.)</li>
</ol>
<p><strong>C. Uraian</strong></p>
<ol>
<li>Kita harus menghargai keberagaman karena:
<ul>
<li>Keberagaman adalah kekayaan bangsa.</li>
<li>Dengan menghargai keberagaman, kita dapat menciptakan suasana yang damai dan harmonis.</li>
<li>Keberagaman dapat memperkaya wawasan dan pengetahuan kita.</li>
</ul>
</li>
<li>Contoh perilaku untuk menjaga kerukunan di kelas:
<ul>
<li>Tidak mengejek teman yang berbeda.</li>
<li>Saling membantu teman yang kesulitan belajar.</li>
<li>Bekerja sama dalam membersihkan kelas.</li>
</ul>
</li>
<li>Ide pokok teks: Nina dan teman-temannya bermain rukun meskipun berbeda suku dan agama.</li>
<li>Jumlah kue yang dibeli Ibu: 5 kotak x 8 kue/kotak = 40 kue</li>
<li>(Jawaban berupa gambar dekoratif yang menunjukkan keberagaman di sekolah, misalnya gambar anak-anak dengan berbagai warna kulit, pakaian adat, atau kegiatan yang dilakukan bersama-sama.)</li>
</ol>
<p><strong>Penutup</strong></p>
<p>Contoh soal ulangan harian di atas diharapkan dapat membantu siswa kelas 3 dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan. Dengan mempelajari soal-soal ini dan memahami pembahasannya, siswa diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai materi tema 1 subtema 3. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan.</p>
<p>Guru juga dapat menggunakan contoh soal ini sebagai referensi dalam menyusun soal ulangan harian yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di kelas masing-masing. Penting untuk diingat bahwa ulangan harian bukanlah tujuan akhir dari pembelajaran, melainkan sarana untuk mengukur pemahaman siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.</p>
		</div>

		
		
		
		
		<nav class=

Next Post Contoh Soal Ulangan Harian Tema 1 Subtema 3 Kelas 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *